Ciptakan Rasa Aman, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Gelar Sweeping Di Jalur Perbatasan Papua

PinFunPapua.com, Merauke – Dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat, Pos Kalimaro Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY menggelar kegiatan sweeping di jalur perbatasan Kampung Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke. Jumat (18/11/2022).

Kegiatan sweeping tersebut merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas yang dilaksanakan oleh Pos Kalimaro Yonif 511/DY, kegiatan tersebut dipimpin oleh Lettu Inf Sutyoso Doan bersama 10 personel pos bekerjasama dengan Koramil dan pihak Kepolisian setempat. Pada kegiatan tersebut dilakukan pengecek identitas dan barang bawaan setiap pelintas, baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Danpos Kalimaro Lettu Inf Sutyoso Doan mengatakan bahwa sweeping merupakan salah satu upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang rutin dilaksanakan seluruh jajaran Pos Satgas Yonif 511/DY.

“Selain berpatroli, sweeping adalah salah satu upaya kita untuk menjaga keamanan, mencegah oknum-oknum pelaku tindak kriminal yang berupaya mengedarkan barang terlarang baik miras maupun jenis narkotika serta upaya penyelundupan barang-barang ilegal di jalur perlintasan perbatasan,” ungkap Danpos.

Sementara itu Aipda Tereay (43) menyampaikan “tujuan kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang terjadi di daerah perbatasan, seperti lintas ilegal baik itu orang maupun barang,” ucap Aipda Tereay.

Ditempat yang sama Wadanpos Serka Irwanto menyampaikan kegiatan sweeping yang dilaksanakan bersama dengan Koramil dan Polri adalah untuk menjalankan Fungsi TNI sebagai aparatur negara penjaga perbatasan.

“Daerah perbatasan sering digunakan pelaku-pelaku penyelundupan dalam mencari keuntungan. Untuk mengelabui petugas dan menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen, mereka sering memanfaatkan jalan tikus yang ada di tiap pos,” tutur Wadanpos.

“Adapun barang-barang yang biasa diselundupkan seperti bahan bakar minyak (BBM), narkoba, minuman beralkohol/minuman keras, sembako, hewan ternak hingga kendaraan. Sehingga kami bersama Polri dan pihak terkait melaksanakan penjagaan di daerah perbatasan, termasuk di pos-pos yang tersebar di sepanjang perbatasan,” tambahnya.

Menurut Babinsa Serma Eko Basuki (49), kegiatan sweeping yang dilaksanakan merupakan wujud sinergitas TNI bersama Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat di perbatasan RI-PNG.

Besar harapan dari kegiatan sweeping ini dapat memebrikan dampak positif kepada masyarakat Papua agar melaksakan aktivitas kehidupan sehari-hari berjalan dengan aman dan nyaman tidak ada hambatan ataupun permasalahan sedikitpun. (PFP-01)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *