Evakuasi  Helikopter Rombongan Kapolda Jambi, KOREM 042/ Gapu Kerahkan 2 SST

PinFunPapua.com, Jambi – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., beserta jajaran turut prihatin atas tragedi yang dialami Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di hutan TNKS Kerinci tersebut.

Saat ini TNI, Polri dan masyarakat sedang bersatu padu untuk bisa mencapai perbantuan, namun hingga saat ini cuaca hujan belum bisa kita tembus, sehingga ini menjadi kendala utama. Selain itu kita juga menyusun beberapa strategi untuk evakuasi tempat titik penanganan pertama, ungkap Danrem 042/Gapu melalui melalui keterangan resmi Penrem 042/Gapu, Senin (20/2/2023).

Kalau kita lihat dari petanya tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan yang sangat sulit untuk diterobos ke sasaran bisa berhari hari, mudah – mudahan informasi yang kita terima dari berbagi pihak akan kita olah dengan perlengkapan yang kita miliki. TNI, Polri dan masyarakat untuk bersatu padu. Insya Allah bisa ke titik tersebut. Mohon doa restunya apa yang bisa kita lakukan, ungkapnya.

Sejauh ini informasi yang kita terima untuk korban semua selamat, hanya ada beberapa seperti kru terluka dan bapak Kapolda juga luka dan semua masih dalam keadaan sadar. Kita berharap secepat mungkin untuk membantu dan memberi asupan, air besih, makanan, obat obatan.

Secara fsikologi kita menyadari dalam kondisi yang luka malam hari hujan kedinginan tentu mendapat tempat yang kurang bagus ini harus secepatnya kita bekerja maksimal untuk mengatasinya, imbuh Danrem.

Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta juga menjelaskan, terkait kejadian tersebut, saat ini dari TNI jajaran Kodim 0417/Kerinci Korem 042/Gapu telah menerjunkan 2 SST (60) Personel menuju lokasi Kejadian dengan rincian 1 SST dari Koramil 08/Btm dan 1 SST dari Koramil 05/DK.

Selanjutnya untuk sementara proses evakuasi disekitar lokasi, kita juga menyiapkan Makoramil Batang Merangin sebagai Posko Crisis Center untuk Fullout Tim Gabungan, karena merupakan Satuan terdekat dari Lokasi, ujar Hatta.

Kita juga menyiapkan tim evakuasi para penumpang Heli dari Posko Crisis Center Polda Jambi (Bandara Lama) ke Rumkit Bratanata, termasuk penyiapan ruang VVIP Presidensial Room, R VIP Kartika, Tim Trauma Centre, CT Scan dan Rontgen di RS DKT Bratanata, ungkap Hatta.

Telah sama-sama kita ketahui bahwa Helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, dikabarkan mendarat darurat, di sekitar hutan Kerinci, kawasan Batang Merangin.

Menurut informasi, Kapolda Jambi, Rusdi Hartono, bersama rombongan akan melakukan kunjungan ke Kerinci dalam rangka meresmikan gedung baru SPKT Polres Kerinci.

Helikopter Bell 412 SP dengan register P 3001 itu terbang dari Bandara Sultan Thaha, Jambi, Minggu 19 Februari 2023, pukul 09:30 WIB.

Helikopter diawaki oleh AKP Ali H, AKP Amos F, dan Aipda Susilo. Ikut didalam heli, Direskrimum Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, dan Dirpolairud Kombes Pol Michael Mumbunan.

Kapolda Jambi dan rombongan terbang menuju Bandara Depati Parbo, Kerinci, untuk meresmikan Gedung SPKT Polres Kerinci, dan mengecek persiapan pengamanan kunjungan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Kerinci.

Sekitar pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi mendapat laporan dari kru helikopter bahwa mereka mendarat darurat, di titik koordinat S20 9′ 3.53″ E1010 42′ 12.63″, tepatnya di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kerinci.

“Helikopter terpaksa mendarat darurat lantaran cuaca buruk dan berkabut, sedangkan untuk kondisi Kapolda Jambi, Rusdi Hartono, dan penumpang lainnya dalam keadaan selamat, tandas Hatta. (red/rls)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *