KORPRI Merayakan Ulang Tahun ke-52: Penguatan Peran dalam Birokrasi dan Masyarakat

PinFunPapua.com, Manokwari – KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-52 dengan menghadirkan pesan yang kuat dalam upaya menjaga peranannya sebagai penguat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pelindung Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Ali Bahan Temongmere saat membacakan sambutan Dewan Pengurus KORPRI Nasional mengucapkan selamat kepada seluruh anggota KORPRI, baik di dalam maupun di luar negeri. Momentum ulang tahun ini dijadikan panggung untuk meneguhkan peran KORPRI sebagai pilar penting dalam memperjuangkan keutuhan NKRI dan perlindungan ASN.

“ Penghargaan disampaikan kepada KORPRI dan seluruh ASN atas peran serta mereka dalam berbagai program yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Mulai dari penanganan pandemi COVID-19 hingga program-program inovatif yang berdampak positif, semua ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi ASN,” ungkapnya.

Menurutnya pentingnya adaptasi terhadap perubahan yang cepat, terutama dalam hal teknologi dan harapan masyarakat, diungkapkan dalam sambutan tersebut. KORPRI ditekankan agar mampu membaca dan merespons perubahan ini dengan memperbarui proses, layanan, dan pemasaran produk layanan pemerintahan agar lebih cepat, mudah, dan akurat.

Menghadapi perubahan ini, salah satu aspek yang disoroti adalah penerapan sistem meritokrasi dalam birokrasi. Diinginkan agar KORPRI mampu menerapkan sistem ini berbasis pada kompetensi, kualifikasi, dan kinerja yang adil, transparan, dan tanpa diskriminasi. Tujuannya adalah untuk merekrut dan mengelola ASN secara lebih profesional.

“ Peran netralitas KORPRI juga ditegaskan dalam konteks pemilu presiden dan pilkada. Organisasi ini diharapkan dapat mempertahankan netralitasnya sebagai landasan untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Tantangan Terkini

Dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi, KORPRI diingatkan untuk memperkuat kompetensi digital ASN guna mendukung transformasi layanan pemerintahan secara terpadu dan efisien. Dalam konteks ini, perlu diwujudkan integrasi aplikasi digital guna meningkatkan efektivitas layanan.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi salah satu fokus untuk mendorong efisiensi dalam penyampaian layanan digital. Namun, tantangan implementasi SPBE masih terlihat, terutama terkait penyesuaian aplikasi digital yang terintegrasi untuk menghindari birokrasi yang gemuk.

Arah Kedepan

KORPRI ditegaskan untuk terus menjadi penggerak kinerja birokrasi guna memastikan berbagai program pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di samping itu, perlunya kesejahteraan ASN sejalan dengan optimalisasi kinerja menjadi fokus penting ke depan.

Pesan yang kuat disampaikan agar KORPRI bersama ASN dapat aktif dalam menangani berbagai masalah sosial, seperti inflasi, stunting, kemiskinan, anak tidak sekolah, dan pernikahan anak-anak.

Dengan semangat perayaan ulang tahun ke-52, KORPRI berkomitmen untuk terus berkembang dan berperan sebagai motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

Dengan harapan ini, KORPRI mengajak seluruh anggotanya untuk tetap tegak lurus kepada Negara, Pancasila, dan UUD 1945 serta membentengi diri dari intoleransi dan radikalisme.

Semoga semangat perjuangan KORPRI menjadi inspirasi bagi seluruh ASN dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya demi kemajuan bangsa dan negara. ( PFP-04 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *