Langkah Bersama TNI dan Masyarakat, Persiapan TMMD ke-120 di Kampung Yabore Teluk Wondama

PinFunPapua.com, Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., bersama Dandim 1811/Teluk Wondama (TLW), Letkol Inf Budi Setiadi, S. I. P., menggelar video conference (vicon) sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Kampung Yabore, Distrik Naikere, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Bertempat di Ruang Posko Kodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, pada Senin (6/5/2024), pertemuan ini menjadi momen penting untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam merealisasikan upaya pembangunan di wilayah tersebut.

Dalam forum tersebut, dilakukan penjabaran rinci mengenai sasaran yang akan dituju dalam pelaksanaan TMMD. Sasaran fisik melibatkan beragam proyek pembangunan, seperti pembuatan tiga unit rumah layak huni tipe 45, pengecoran jalan kampung sepanjang 1.708 meter persegi, serta renovasi aula kantor Kampung dan jembatan. Tidak hanya itu, juga termasuk dalam agenda pembangunan adalah pembuatan tiga unit sarana air bersih atau sumur bor.

Sementara itu, sasaran non fisik mencakup berbagai kegiatan sosial, seperti bakti sosial, penyuluhan kesehatan, pendidikan pertanian, peningkatan wawasan kebangsaan, dan upaya pemeliharaan ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas).

Pangdam Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam kesempatan tersebut, mengungkapkan apresiasinya terhadap kesiapan yang ditunjukkan oleh Dandim 1811/TLW beserta jajarannya dalam mendukung suksesnya program TMMD di wilayah yang bersangkutan. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara TNI Angkatan Darat (AD) dan masyarakat setempat sebagai kunci keberhasilan dalam mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di daerah terpencil.

“Dengan pelaksanaan TMMD di Kampung Yabore ini, kami berharap dapat berperan aktif dalam meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat setempat. Kolaborasi erat antara TNI dan seluruh komponen masyarakat menjadi hal yang sangat krusial dalam mencapai tujuan bersama ini,” ujar Pangdam Kasuari.

Sementara itu, Dandim 1811/TLW, Letkol Inf Budi Setiadi, S. I. P., memberikan laporan terkait persiapan yang telah dilakukan oleh satuan di bawah komandonya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan TMMD. Menurutnya, persiapan telah dilakukan secara cermat, termasuk dalam hal pengamanan dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat.

TMMD ke-120 di Kampung Yabore dijadwalkan akan dilaksanakan mulai tanggal 8 Juni hingga 6 Mei 2024. Program ini akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, pelayanan kesehatan, pendidikan, serta berbagai kegiatan sosial ekonomi yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Turut serta dalam kegiatan ini adalah Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, Irdam, para Asisten Kasdam, Kapendam, dan Kazidam XVIII/Kasuari. ( red/rls )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *