Lukas Rumadas Penjaringan Aspirasi di Pulau Mansinam: 5 Point Penting yang Harus Ditindak Lanjuti

PinFunPapua.com, Manokwri  – Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) periode 2023-2028, Lukas Rumadas, melakukan penjaringan aspirasi di Pulau Mansinam. Dalam pertemuan dengan wartawan di kantor MRPB pada Rabu (13/11/2023), Lukas mengungkapkan pentingnya 5 poin yang disorot oleh masyarakat Pulau Mansinam.

Menurut Lukas, persoalan adat menjadi perhatian utama, dengan masyarakat meminta pembuatan rumah adat dan pelestarian bahasa Doreri yang tengah menghadapi ancaman kepunahan. “Bahasa Doreri hampir punah, hanya generasi tua yang masih fasih berbicara, sedangkan generasi baru hampir kehilangan kemampuan berbahasa,” jelasnya.

Pelestarian bahasa dan pembangunan rumah adat menjadi prioritas pertama dalam usulan yang disampaikan. Lukas menegaskan rencananya untuk mengadakan pelatihan bahasa secara non-formal guna mengembangkan pemahaman terhadap bahasa daerah.

“Intinya, upaya pelestarian bahasa dan rumah adat diutamakan dari aspek adat masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, aspirasi terkait pendidikan, kesehatan, agama, dan politik juga menjadi fokus penjaringan. Lukas berencana untuk mengajukan rekomendasi terkait poin-poin tersebut dalam rapat pleno anggota MRPB untuk mendapatkan dukungan dan tindak lanjut dari pemerintah, dari tingkat provinsi hingga kampung.

Dengan penekanan pada pelestarian budaya dan peningkatan sektor-sektor vital, Lukas Rumadas berharap rekomendasi yang dihasilkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Pulau Mansinam serta Papua Barat secara keseluruhan. ( PFP-01 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *