Menjelang HKBN, Satgas Pangan Polda Papua Barat Terus Koordinasi dengan OPD Terkait Tentang Penanganan Bahan Pangan

Anggota Satgas Pangan Papua Barat IPDA Damin Adi. ( FOTO : Aufrida Marisan )

PinFunPapua.com, Manokwari – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Papua Barat terus menjalankan koordinasi yang intensif dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam rangka menangani persiapan bahan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

 

Ketua Satgas Pangan Polda Papua Barat, Kombespol Sonny Marisi Nugroho Tampubolon, SIK, melalui Anggota Tim Satgas, IPDA Damin Adi, menyampaikan bahwa menjelang perayaan Hari Raya keagamaan tahun 2024, Satgas Pangan Polda Papua Barat terus berupaya berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menangani persiapan bahan pangan menjelang HKBN.

Identifikasi komunitas-komunitas yang membutuhkan perhatian khusus menjadi fokus guna menekan tingkat inflasi,”ungkap Damin saat ditemui sejumlah wartawan di halaman kantor Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat, Senin ( 6/3/2024 )

Dalam menjalankan tugasnya, kami turun langsung ke lapangan untuk melakukan peninjauan. Melalui inspeksi mendadak (sidak) bersama OiPD terkait, kami menemukan beberapa hal di luar prosedur atau sistem pada pedagang. Namun, tindakan yang kami lakukan hanya sebatas memberikan himbauan kepada para pedagang terkait praktik jual-beli mereka,” ujar IPDA Damin Adi.

 

Lebih lanjut, IPDA Damin Adi menyampaikan harapannya menjelang Hari Raya, terutama menghadapi lonjakan harga, terutama dalam hal transportasi, pedagang di lapangan perlu diberikan perhatian khusus. “Melalui wawancara dengan para pedagang, kami mendapati bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi inflasi adalah kenaikan biaya transportasi yaitu perpindahan dari Produsen kepada para distributor, sehingga terjadi peningkatan harga,” tambahnya.

 

“Satgas juga telah menemukan beberapa ketidaksesuaian di lapangan namun kami selalu menghimbau, dan Satgas terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani masalah yang ada. Hingga saat ini, belum ditemukan permasalahan yang bersifat fatal. Langkah-langkah pencegahan terus dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan menjelang Hari Raya, ” pungkasnya.  ( PFP-01 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *