MRPB Tinjau Langkah PT Medco dalam Mengatasi Masalah-Masalah Masyarakat

PinFunPapua.com, Manokwari – Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) melakukan kunjungan kerja ke PT Medco Papua Hijau Selaras SP 9 untuk menyoroti sejumlah masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

/Kunjungan ini bertujuan untuk menindaklanjuti aspirasi warga terkait penolakan hasil buah oleh PT Medco, masalah hak ulayat, dan sistem pembayaran tonase melalui koperasi,” Kamis ( 7/3/2024 )

Ketua tim MRPB, Musa Mandacan, menegaskan pentingnya kunjungan tersebut sebagai upaya untuk menemukan solusi atas kendala-kendala yang selama ini dihadapi oleh masyarakat pemilik hak ulayat.

” Salah satu masalah yang dibahas adalah kurangnya transparansi dalam sistem pembayaran tonase melalui koperasi. Musa Mandacan menyatakan bahwa perlu dilakukan koordinasi antara perusahaan dan masyarakat untuk memastikan bahwa hak-hak masyarakat terpenuhi dengan baik,” ungkap Musa

Dalam kunjungan tersebut, Musa Mandacan juga menyoroti pelaksanaan perjanjian kontrak kerja sama antara perusahaan dan masyarakat sejak tahun 2010. Dia menekankan pentingnya agar perusahaan mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati untuk memastikan kesejahteraan masyarakat setempat.

Harapan besar juga disuarakan oleh Musa Mandacan terkait peningkatan penerimaan buah oleh PT Medco.

” Dia berharap agar perusahaan dapat melakukan perbaikan dalam pengolahan pabrik untuk menerima buah dengan lebih efisien, sehingga masyarakat dapat menerima hasil kelapa sawit mereka dengan lebih baik,” harap Musa.

Selain itu, Pdt Lukas Saroy juga mengajukan pertanyaan tentang rekrutmen tenaga kerja di PT Medco. Mereka menyoroti pentingnya pelaksanaan Undang-Undang Otonomi Khusus yang menetapkan bahwa 80% tenaga kerja harus berasal dari orang asli Papua.

” Pdt. Lukas Saroy menekankan perlunya penyediaan data karyawan yang sesuai dengan ketentuan tersebut dalam waktu satu minggu ke depan, data seluruh staf dan non staf yang kongrit yang kerja di PT Medco,” tegas Pdt Lukas.

Di sisi lain, Marsel Piribu, sebagai kontroler kapiter PT Medco, memberikan apresiasi atas kunjungan MRPB. Dia menyambut baik usaha MRPB dalam menyoroti isu-isu yang penting bagi masyarakat Papua. Piribu juga menekankan pentingnya kolaborasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama yang positif.

Kunjungan MRPB ke PT Medco diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam penyelesaian sejumlah masalah yang dihadapi oleh masyarakat Papua. Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat setempat, diharapkan dapat terwujud perubahan yang positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Marsel. ( PFP-01 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *