Pangdam Kasuari Ucapkan Selamat Kepada Kasad Dan Terima Kasih Atas Pengabdian Terbaik Jenderal Dudung Kepada NKRI

PinFunPapua.com, Jakarta – Hadiri serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Darat dari Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., Pangdam XVIII/Kasuar, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari, Ny. Vera Ilyas Alamsyah mengucapkan selamat kepada pejabat Kasad yang baru dan ucapan terima kasih atas pengabdian terbaik untuk NKRI kepada pejabat Kasad yang lama, di lapangan upacara Mabesad, Jakarta Pusat, pada Jumat, (27/10/2023).

Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A., ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Kasad oleh Presiden RI di Istana Negara Jakarta, Rabu lalu.

Usai pelaksanaan upacara, Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa visi dan misi yang ingin dicapainya setelah di angkat sebagai Kasad yang baru adalah mewujudkan TNI AD yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif, dalam menghadapi tantangan global dan nasional menuju Indonesia maju.

“TNI AD akan terus mendukung Pemerintah, serta melakukan koordinasi lintas sektoral guna menyelesaikan konflik Papua menggunakan pendekatan dialog dan rekonsiliasi, sesuai perintah Panglima TNI, selain itu, TNI AD akan terus meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi berbagai tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, TNI AD juga akan melakukan berbagai program untuk meningkatkan kemampuannya, termasuk memodernisasi alutsista, meningkatkan kemampuan personel, dan pengembangan doktrin militer. Kerja sama dengan negara-negara sahabat untuk sama-sama meningkatkan kemampuan, juga akan terus dilakukan,” ucapnya.

Kasad juga menekankan bahwa ia akan melanjutkan program-program unggulan Angkatan Darat, seperti penanganan stunting, TNI Manunggal Air, serta program-program lain yang telah dirintis sebagai upaya mendukung program Pemerintah, dimana dalam mewujudkannya pentingnya menjalin sinergi dengan instansi terkait.

“Dalam menghadapi tahun politik, peran TNI AD adalah terus menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. TNI AD akan terus mendukung demokrasi dan kedaulatan NKRI, dengan bekerja sama dengan Pemerintah dan seluruh komponen bangsa untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional, dan ini adalah prioritas kita,” tuturnya.

Sementara itu Jenderal Dudung, dalam wawancara singkatnya ia menyampaikan setelah pensiun dan tidak menjabat lagi, mengaku belum memikirkan langkah selanjutnya dan saat ini yang terpintas di pikirannya ingin menjadi seorang petani.

“Saya belum tahu ya. Saya mungkin mau jadi petani saja,” kata Dudung usai sertijab.

Tak lupa, ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan kepercayaan kepadanya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat hampir dua tahun lamanya. Dan tak lupa ia sampaikan juga rasa terima kasihnya kepada Panglima TNI Yudo Margono.

“Saya terima kasih kepada Pak Panglima TNI yang memberikan bimbingan, arahan kepada saya, sehingga Angkatan Darat mampu maksimal mendukung program-program Panglima TNI,” ucapnya.

“Khususnya saya berterima kasih kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat. Di manapun mereka berada dan bertugas karena mereka-mereka inilah sebagai ujung tombak, mereka-mereka inilah sebagai gerbang TNI di masyarakat,” katanya.

Pelaksanaan Sertijab Kasad juga dirangkaikan dengan acara Sertijab Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana dari Ny. Rahma Dudung Abdurachman kepada Ny. Evi Sophia Indra Agus Subiyanto, yang dipimpin oleh Ketua Dharma Pertiwi Ny. Vero Yudo Margono. Prosesi ini disaksikan langsung oleh Kasad, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, serta para pejabat utama TNI AD. ( PFP-02 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *