Pemprov Papua Barat dorong pemekaran 5 Kabupaten Baru

Asisten I Bidang Pemerintah Setda Provinsi Papua Barat Robert Rumbekwan ( Foto : Alfredo Regoy).

PinFunPapua.com, Manokwari – Provinsi Papua Barat sedang usulkan pembentukan lima Kabupaten daerah otonomi baru (DOB) pada rencana rapat usulan DOB di Tanah Papua yang di inisiasi oleh komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) di Jakarta, 20 Maret mendatang.

 

Asisten I bidang Pemerintahan Provinsi Papua Barat Robert Rumbekwan di Manokwari, Kamis, mengatakan Lima DOB yang diusulkan terdiri dari 4 Kabupaten dan Satu Kota Madya.

 

“Empat kabupaten yang kami usulkan yakni Manokwari Barat, Kuri Wamesa, Moskona dan Kokas. Sementara satu kota yakni Kota Madya Manokwari yang akan dipersiapkan menjadi ibu kota provinsi Papua Barat,” sebut Rumbekwan.

 

Robert mengatakan, rapat kerja yang mengundang seluruh penjabat Gubernur di tanah Papua itu akan membahas pemekaran kabupaten dan kota, sehingga dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat tersebut tidak membahas kaitan dengan pemekaran provinsi baru.

 

Penjabat yang diundang dalam rapat bersama komisi II DPR tersebut yakni pimpinan DPR Papua, pimpinan DPR Papua Barat, plh Gubernur Papua, pj Gubernur Papua Selatan, pj Gubernur Papua Tengah, pj Gubernur Papua Pegunungan, pj Gubernur Papua Barat dan pj Gubernur Papua Barat Daya.

 

“Kita hanya berbicara pemerintah tingkat Kabupaten dan Kota, sehingga tidak ada pembahasan terkait dengan Provinsi baru yang diusulkan,” lanjut dia.

 

Dijelaskan, pemekaran Kabupaten Manokwari Barat dan Kota Madya Manokwari diusulkan dari Kabupaten Manokwari, sedangkan Kuri Wamesa dan Moskona merupakan usulan dari Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Kokas merupakan usulan dari Kabupaten Fakfak.

 

“Jiwa dilihat dari kebutuhan wilayah, sudah sangat mendukung kehadiran 5 DOB baru ini, namun tentu keputusan ada pada pemerintah pusat kita sifatnya hanya mengusulkan,” lanjut dia.

 

Robert melanjutkan, selain kebutuhan masyarakat usulan DOB baru juga untuk menambah jumlah Kabupaten dan Kota di Papua Barat yang saat ini hanya dihuni oleh 7 Kabupaten. (PFP-04)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *