Pemprov Papua Barat Mulai Melakukan Kerjasama Antara Provinsi dan Kabupaten/Kota

Asisten II Setda Provinsi Papua Barat Bidang Perekonomian dan Pembangunan Melkias Werinussa saat ditemui sejumlah wartawan di pendopo kantor Gubernur (FOTO: Doc PinfunPapua)

PinFunPapua.com, Manokwari –  Pemerintah Provinsi Papua Barat memulai menjalin kerja sama  antar Provinsi bahkan antar Kabupaten/Kota,  kerja sama ini merupakan kebutuhan, akan kita dorong baik itu di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan Otonomi khusus (otsus).

Hal ini disampaikan Asisten II Setda Provinsi Papua Barat Bidang Perekonomian dan Pembangunan  Melkias Werinussa  saat ditemui sejumlah wartawan di pendopo kantor Gubernur, Senin (7/11/2022).

“ Melkias Werinussa mengatakan Provinsi Papua Barat menargetkan untuk melakukan kerja sama  khusus  provinsi yang memiliki kekhususan seperti DIY Yoyakarta, DKI Jakarta, Aceh yang sudah ada kesepakatan para Gubernur pada saat Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi) yang dilaksanakan di Aceh beberapa waktu lalu, sehingga akan ditindak lanjuti,”ungkapnya

Menurutnya kerjasama ini tidak hanya melibatkan Provinsi tetapi akan melibatkan Kabupaten/Kota juga, dimana kita harus memastikan bahwa surplus dan tidak surplus itu bisa saling mengisi antara satu daerah dengan daerah yang lain.

“ Saat ini provinsi papua Barat sedang melakukan komunikasi bersama DKI Jakarta untuk melakukan kerja sama, dan banyak yang akan kita dorong ke DKI Jakarta, saya pikir tidak hanya pada sektor ekonomi saja, tetapi sektor lain juga bisa, misalnya pendidikan, kesehatan bisa kita dorong, yang penting sudah ada perjanjian kerjasamanya itu,” tuturnya

Untuk kerjasama yang ditandatangani saat ini sudah berjalan, Penjabat gubernur memerintahkan kita untuk melakukan pengecekan dan folow-up lagi ke DKI Jakarta.

“ Pada saat pertemuan di Manado dilaksanakan pertemuan TPID Sulampua ( sulawesi, maluku dan Papua ) dimana Bank Indonesia juga coba menggandeng teman-teman mitra dalam hal ini pelaku usaha. Dan telah disepakati bahwa manado membutuhkan ikan cakalang, nanti ada teman-teman di arowi yang memiliki usaha ikan cakalang mereka yang akan mensuplai kebetulan yang pimpinan perusahan di situ kita punya anak putra asli daerah,” tandasnya.

Sehingga kerjasama itu kami berharap antar pemerintah bisa berjaln dan kemudian baru diikuti oleh pelaku bisnis, tapi selama ini pelaku bisnis sudah berjalan, namun belum ada keterlibatan Pemerintah

“ Selain DKI Jakarta pemerintah provinsi papua Barat juga mencoba melakukan kerja sama dengan Jawa Timur untuk masing-masing sektor, nanti di buat dalam Perjanjian Kerja sama (PKS) yang penting sudah ada MoU nya,” pungkasnya. (PFP-05)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *