Pemprov Rencanakan Bangun Embung Buatan, Atasi banjir Kota Sorong

Plt Kepala Dinas PUPR Yohanis Momot (Foto : Alfredo/PFP 06)

PinFunPapua.com, Manokwari – Pemerintah provinsi Papua Barat terus melakukan pelanggan dan antisipasi terjadinya banjir di Kota Sorong dengan melakukan perencanaan pembangunan kanal buatan dan embung penampungan air sementara.

Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat Yohanis Momot di Manokwari, Kamis (13/10/2022), mengatakan saat ini sedang dilakukan kajian ilmiah untuk pembangunan embung dan kanal buatan.

“Dari hasil studi kajian tersebut baru bisa dilakukan pembangunan embung untuk menampung sementara debit air saat hujan lebat, jika dilihat posisi Kota Sorong lebih rendah dari air laut saat pasang,” kata Momot.

Embung tersebut berfungsi menampung air sementara, selanjutnya akan dibuang ke laut saat kondisi Surut melalui kanal buatan.

Untuk pembangunan embung tersebut rencananya akan berlokasi di belakang Kantor Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Kota Sorong, yang merupakan lahan tidur dengan luasan 2 hektar.

“Rencananya di belakang PLTD yang merupakan lahan tidur, kami berharap juga mendapat dukungan dari masyarakat untuk tangani banjir di Kota Sorong,” jelas dia.

Yohanis Momot juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan Prnjabat Gubernur Papua Barat untuk meminta bantuan hingga tingkat kementrian dalam upaya penanganan banjir Kota Sorong, sehingga direncanakan nantinya Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat menghadap Menteri untuk meminta bantuan, ” pungkasnya ( PFP-06)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *