Penyumbang Inflasi Terbesar Di papua Barat Transportasi Udara, Ikan, Cabe, Tomat dan Bawang Merah.

PinFunPapua.com, Manokwari – Kenaikkan harga tiket transportasi udara menjadi penyumbang inflasi tertinggi di wilayah Kabuapten Manokwari dan Kabupaten Sorong papua Barat pada bulan oktober 2022

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik ( BPS ) papua Barat mencatat laju inflasi Papua Barat peroktober  2022 masih dibawah nasional yakni 5,71 persen.

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw mengatakan salah satu inflasi terbesar di manokwari dan sorong hari ini adalah transportasi udara, yang di dominasi dari manajemen lion grup.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Papua Barat Drs Paulus Waterpauw saat  melouncing Gerakan Ketahanan Pangan pada kebun lahan Sumber Pangan Provinsi Papua Barat di Kampung Susweni Distrik Manoklwari Timur, Kamis (10/11/2022).

Yang mana ada aktifitas pemerintah pusat dari dan kedaerah ini begitu tinggi  sehingga tiket-tiket terbatas, sementara penerbangan juga di batasi sehingga harga eceran tertingginya mereka naikkan,  itu sudah merisaukan masyarakat yang tidak punya daya beli, tidak punya kemampuan untuk beli tiket.

“ Selain itu komoditi ikan ikan merah dan ekor kuning memiliki andil paling besar dalam pembentukan deflasi, harga ikan merah yang terus naik sama halnya ikan ekor kuning, karena diminati pihak  restoran-restoran dan rumah makan di kota-kota besar. Selain transportasi udara dan ikan, cabe, tomat dan bawang penyumbang inflasi tinggi,“ tuturnya. (PFP-07)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *