Peresmian 26 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga: Langkah Nyata Pemerintah dan Pertamina dalam Pemerataan Energi

Peresmian BBM Satu Harga di 26 titik Lembaga Penyaluran BBM yang tersebar di Wilayah Provinsi Maluku - Papua. ( FOTO : Doc Pertaminaa )

PinFunPapua.com, Sorong – Hari ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Pertamina (Persero) telah meresmikan 26 titik lembaga penyalur BBM Satu HargaPeresmian , tersebar di wilayah Provinsi Maluku hingga Papua. Acara yang berlangsung di halaman Fuel Terminal Sorong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya pada Jumat (24/11) ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk BPH Migas, Perwakilan Gubernur Papua Barat Daya, dan PT Pertamina Patra Niaga.

Menteri ESDM, Ir. Arifin Tasrif, menyatakan bahwa BBM Satu Harga merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah dalam memastikan keadilan energi serta akses subsidi energi yang lebih merata di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

“Keadilan energi ini sangat besar manfaatnya, dan kita tidak akan berhenti di 2024 atau target yang sudah ada, namun Pemerintah bersama seluruh instansi terkait akan mencari wilayah yang memerlukan BBM terjangkau,” tutur Arifin.

Erika Retnowati dari BPH Migas menegaskan bahwa hadirnya BBM Satu Harga tidak hanya memastikan energi berkeadilan, tetapi juga memberikan manfaat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan kegiatan sehari-hari masyarakat di daerah tersebut.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, menyoroti pentingnya dukungan dari berbagai pihak dalam membangun SPBU BBM Satu Harga di wilayah 3T, sebagai bagian dari upaya mewujudkan ketersediaan, aksesibilitas, dan keterjangkauan energi bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Dalam pernyataannya, Sunardi dari Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menegaskan bahwa BBM Satu Harga merupakan jawaban atas permasalahan yang dihadapi masyarakat di daerah 3T, memastikan pemerataan harga BBM.

Kebijakan BBM Satu Harga ini bertujuan untuk menciptakan pemerataan akses BBM di seluruh Indonesia dan merealisasikan Instruksi Presiden serta peraturan menteri terkait, dengan fokus pada pengawasan agar tidak terjadi ketimpangan harga bagi masyarakat.

Peresmian lembaga penyalur BBM Satu Harga hari ini merupakan langkah konkret dalam menjalankan komitmen untuk pemerataan energi di Tanah Air, menjamin akses energi yang merata bagi semua lapisan masyarakat. ( PFP-02 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *