Pj Gubernur; Jabatan Waket IV DPR-PB Merupakan Kepercayaan Yang Diberikan Masyarakat

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si (Foto : Alfredo R /PFP 05)

PinFunPapua.com, Manokwari – Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs Paulus Waterpauw M.,Si menghadiri acara Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan Wakil Ketua DPR Provinsi Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan atas nama CARTENZ INIGO ORTEZ MALIBELA, S.IP Sisa Masa jabatan 2019-2024, dalam keadaan sehat

Berdasarkan Pasal 32 ayat (3) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 106 Tahun 2021 Tentang Kewenangan Dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Provinsi Papua berbunyi Anggota DPRP yang diangkat menduduki salah satu unsur Wakil ketua DPRP.

Oleh karena itu berdasarkan Proses Seleksi Calon Wakil Ketua DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan telah selesai,” ungkap Pj Gubernur Provinsi Papua saat menghadiri pelantikan Ketua IV DPR-PB, Jumat (14/10/2022).

Pj Gubernur mengatakan usai menjalankan mekanisme, selanjutnya diusulkan oleh Gubernur kepada Menteri Dalam Negeri untuk disahkan dan diangkat melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, seperti yang dibacakan dan kita dengarkan bersama yang mana Pengucapan Sumpah/Janji tersebut telah di pandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi dalam Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua Barat.

Dengan dilantiknya Wakil Ketua DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan hari ini untuk mengisi Sisa masa Jabatan 2019-2024, merupakan suatu kepercayaan masyarakat kepada saudara.

” Yang mana Wakil Ketua DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan adalah Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah bersama Pimpinan dan Anggota DPR Papua Barat yang lainnya mempunyai Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan dalam melaksanakan tugas ada pedoman yaitu tata tertib yang disusun bersama oleh anggota DPRD, serta dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah,” bebernya.

Kata Pj Gubernur pelantikan hari ini merupakan Awal bagi saudara untuk melaksanakan Tugas Sebagai salah satu unsur Pimpinan DPR Papua Barat. Dimana saya berharap agar saudara dapat berkerjasama dengan pemerintah daerah dan stakholder untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

” Masih banyak program-program yang harus diselesaikan, dimana berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan didaerah ini tergantung pada saudara Cartensz. Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh Anggota DPR Papua Barat Lainnya dan segenap komponen masyarakat, hendaknya dapat mendukung sepenuhnya Wakil Ketua DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan yang baru dilantik, dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Rakyat di Provinsi Papua Barat,” imbuhnya.

Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat, mengucapkan selamat kepada Wakil Ketua DPR Papua Barat melalui mekanisme pengangkatan sisa masa Jabatan Tahun 2019-2024, selamat menjalankan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Rakyat kepada Saudara.

” Pada saat ini, Perlu saya sampaikan bahwa Mari kita semua tetap menjaga situasi dan keamanan di Provinsi Papua Barat, hal ini sangat penting, oleh karena Pemerintah Daerah tidak akan dapat melaksanakan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat apabila tidak didukung oleh situasi dan kondisi daerah yang aman,” pungkasnya. (PFP-06)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *