Pj Gubernur Papua Barat Pimpin Peringatan Hardiknas 2024: Transformasi Melalui Gerakan Merdeka Belajar

PinFunPapua.com, Manokwari – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 disambut dengan semangat dan komitmen yang tinggi di Provinsi Papua Barat. Upacara peringatan yang dilangsungkan di lapangan upacara Kantor Gubernur Papua Barat di Arfai pada Kamis (2/4/2024) dipimpin oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs H Ali Baham Temongmere.

Momentum Hardiknas bukan hanya sebagai sekedar tanggal yang dirayakan, tetapi juga sebagai momen penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara, yang telah memberikan sumbangsih besar dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar,” menjadi pilar utama dalam upaya melanjutkan transformasi pendidikan. Melalui gerakan merdeka belajar, pesan bahwa kolaborasi dan kesatuan dalam menghadapi tantangan pendidikan menjadi kunci utama.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pj Gubernur Papua Barat Drs H Ali Baham Temongmere, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menegaskan bahwa merdeka belajar bukan sekedar slogan, melainkan sebuah gerakan yang bertujuan memberikan kemerdekaan kepada guru dan murid dalam proses belajar mengajar.

“Melalui gerakan merdeka belajar, kita telah memberikan keleluasan kepada guru untuk berinovasi dalam pembelajaran. Guru tidak lagi terikat pada kurikulum yang kaku, tetapi dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat murid. Kita juga telah memberikan kemerdekaan kepada murid untuk belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna, di mana murid tidak lagi dituntut untuk menghafal materi pembelajaran, tetapi didorong untuk menjadi pembelajar yang aktif dan kritis,” ujar beliau.

Meskipun telah dicapai banyak kemajuan, tantangan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk semua masih ada. Untuk itu, kerja sama antar semua pihak sangat diperlukan guna memastikan bahwa setiap anak di Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa terkecuali.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk bersatu padu dalam melanjutkan transformasi pendidikan melalui gerakan merdeka belajar. Fokus utama termasuk meningkatkan mutu pendidikan dengan terus berinovasi, memperluas akses pendidikan, serta memperkuat karakter murid agar menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berakhlak mulia.

“Marilah kita jadikan Hari Pendidikan Nasional ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam memajukan pendidikan di Indonesia, menggugah semangat bersama untuk meraih perubahan positif dalam dunia pendidikan,” pungkasnya. ( PFP-01 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *