PLN Sukseskan HUT Pekabaran Injil Tanah Papua Ke-168 di Pulau Mansinam

PinFunPapua.com, Manokwari – Menjamin kegiatan acara puncak hari pekabaran injil di tanah Papua ke 168 tahun di pulau mansinam, Manokwari, Provinsi Papua Barat PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Manokwari siap dengan kehandalan listrik tanpa kedip, sehingga acara tahunan di bumi kasuari itu berjalan mulus, minggu (5/02/2023).

Seremonial pembukaan dilakukan sejak jumat 3 februari 2023 malam, di halaman gereja pulau mansinam dengan pelaksaan Ibadah raya,  KKR dan Sabda dan Nada.

Dalam mendukung gelaran pembukaan, PLN menyiapkan pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) On-Grid Isolated berkapasitas daya sebesar 50 kilo Watt peak (KWp) dengan konfigurasi Hybrid Generator set dan menyiapkan sistem Zero Down Time Area atau layanan listrik tanpa kedip di area khusus.

Sistem Zero Down Time Area dibangun dengan konfigurasi jaringan sedemikian rupa dan sistem proteksi yang sudah dipersiapkan. Sehingga ketika ada gangguan di satu titik secara otomatis akan back-up oleh sistem. Genset  akan beroperasi di saat ada acara, sehingga ketika ada gangguan listrik akan tetap menyala tanpa kedip.

Mendukung sistem ini, PLN pun menyiapkan 1 unit mobile genset kapasitas 100 kVA serta personil sebanyak 18 orang yang tersebar di dua titik yaitu Pulau Mansinam dan Kota Manokwari. Keandalan listrik merupakan kunci sukses penting acara ini, khususnya di pulau mansinam sebagai situs sejarah nasional.

Sebelumnya, Fredrik M. Noriwari bersama meninjau langsung persiapan acara yang akan dihadiri oleh beberapa tamu domestik dan bahkan internasional itu.

Fredrik M. Noriwari menyampaikan, sistem kelistrikan dalam mendukung HUT Pekabaran injil ke -168 cukup kompleks, karena ada di beberapa titik lokasi yang perlu dijaga keandalan listriknya. Pada 3 sampai dengan 5 hari ke depan, PLN harus meyakinkan keandalan listrik di Manokwari maupun pulau Mansinam tidak ada masalah sedikit pun.

“Dengan persiapan yang kita lakukan selama berapa waktu ini, semua berjalan dengan lancar dan baik. Namun sekali lagi, kita PLN akan berusaha semaksimal mungkin menjaga kelistrikan agar tetap andal dari waktu ke waktu,” ujar Fredrik.

Melihat persiapan saat ini, ia optimistis tidak akan ada kendala berarti yang akan mengganggu helatan momen nasional yang sangat penting bagi bangsa masyarakat tanah papua, dan khususnya warga Papua ini.

“Bagaimana kita melaksanakan tugas nasional untuk menjaga event yang sifatnya nasional seperti ini. Untuk itu kita juga harus menjaga keandalan listrik di 2 titik strategis yang mendukung pelaksanaan dari HUT Pekabaran Injil di tanah Papua. Selamat bertugas super tim PLN Manokwari, mari kita bersama-sama menjaga keandalan listrik dan selalu memberikan layanan terbaik,” ucap Fredrik.

Rangkaian acara untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil diantaranya KKR, Carnaval Budaya, Ibadah Akbar & Cerimonial Puncak dimana seluruh kegiatan ini memerlukan dukungan listrik yang andal dan akan disuplai sepenuhnya oleh PLN.

“Semangat kami kita mengupayakan titik yang kritikal tidak boleh kedip. Kami siapakan SOP baik dari sisi relay proteksi hingga back up systemnya. Selamat merayakan HUT Pekabaran Injil Ke 169 di tanah Papua,” pungkas Fredrik.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Barat, John Tulus mengunkapkan terima kasih untuk kolaborasi PT PLN (Persero) dalam mensukseskan HUT Pekabaran Injil ke-168 di tanah Papua.

“Melihat personil PLN yg sigap dan dari sejak H-2 serta komunikasi yg mudah dan cepat kami bertrrima kasih banyak untuk PT PLN (Persero). Tuhan memberkati pelayanan Saudara sekalian.” Ungkap John Tulus.  (red/rls)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *