Plt Sekda Papua Barat Melouncing Gemar Papeda Inisiasi Kanwil Agama Papua Barat.

PinFunPapua.com, Manokwari – Pemerintah Provinsi Papua Barat beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari dan Kakanwil Agama secara langsung melouncing Gerakan Peduli Masyarakat Papua Penuh Damai ( Gemar Papeda ). Program tersebut serentak di laksanakan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat. Jumat ( 6/10/2023 )

 

Program Papeda merupakan inisiasi Kantor Kementrian Agama (Kakanwil) Provinsi Papua Barat dan dibuka Pj Sekda Papua Barat.

 

Program Papeda di buka dengan berbelanja pangan lokal mama Papua yang dilakukan Penjabat Sekda Papua Barat, Yacob Fonataba di dampingi Kepala Kakanwil Papua Barat. Sebagai upaya meramaikan dan menggairahkan roda perekonomian di Pasar Sanggeng Manokwari, Papua Barat.

 

 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan khususnya mama-mama Papua yang menjual hasil kebun mereka, Jumat (6/10/2023).

 

Kepala Kakanwil Papua Barat, Luksen Jems Mayor mengatakan, program itu bertujuan agar memberikan dampak positif bagi masyarakat khusus mama-mama Papua penjual pangan lokal.

 

“Gerakan ini menjadi spirit, harmoni bagi kerukunan di Papua Barat. Kita berharap menjadi gaya hidup masyarakat untuk bangga pangan lokal,”katanya.

 

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong dan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) membeli pangan lokal agar memberikan pendapatan bagi mama-mama Papua untuk meningkatkan ekonomi bagi keluarga

 

” Sehingga dengan kita beli hasil kebun mereka itu menjadi suatu motivasi untuk mereka agat terus berjualan. Kita ajak ASN dan semua pihak membeli pangan lokal. Siapa lagi kalau bukan kita,” ungkapnya.

 

Kakanwil Papua Barat mendorong, semua perhotelan agar di setiap kegiatan dapat menyajikan makanan lokal, bukan hanya itu saja melainkan di semua ivent yang di selenggarakan oleh Pemerintah, Swasta atau apa saja dapat menyajikan makanan lokal khas Papua itu penting.

 

” Ini salah satu upaya memperkenalkan makanan khas lokal Papua kepada warga dari luar Papua. Sehingga saya rasa ini sangat penting untuk menjadi skala prioritas,”ucapnya.

 

Menurutnya, dalam konteks di Kementerian Agama gemar Papeda, terdiri dari empat hal, birokrasi kerja baik salah satu adalah berbelanja pangan lokal.

“Tak hanya itu, kita cinta lingkungan, harus bersihin. Ke depan pihak agama, SKPD, dan semua pihak untuk akan turun bersama membersihkan pasar secara kolektif. Ini coba dan akan di programkan,”katanya.

 

Ditambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama di Papua Barat.

 

Program ini tentu tidak berhenti sampai di sini saja tetapi akan berkelanjutan demi mensejahterakan masyarakat di Papua Barat. Mari cintai makanan lokal sebagai upaya di lestarikan dalam kehidupan kita.

 

“Rata Rata Nasional Toleransi tinggi. Bukan saja toleransi agama. Tapi Toleransi ekonomi. Hari ini bersama-sama pemerintah daerah membeli pangan lokal dari Manokwari. Ini memberikan keuntungan bagi mama-mama Papua,” tuturnya.

 

Sementara, Sekda Papua Barat, Jacob Fonataba mengaku, pemerintah Papua mendukung penuh program yang di inisiasi oleh Kakanwil Provinsi Papua Barat.

 

Pemerintah Provinsi Papua Barat sangat mengapresiasi sekali Inisiatif meluncurkan program gemar Papeda. Ia berharap menjadi motivasi untuk Masyarakat, tapi juga meningkatkan pendapatan bagi mama mama Papua

 

Lebih lanjut, Yacob bahwa program gemar Papeda terus berkelanjutan. Tentu Dengan melibatkan seluruh jajaran baik pemerintah, ASN dan seluruh, BUMN, BUMD, mitra usaha dan masyarakat di Manokwari

 

Program ini merupakan langkah positif upaya untuk mensejahterakan masyarakat serta meningkatkan pendapat ekonomi keberlangsungan hidup di masa mendatang.

 

Pada prinsipnya pemrov Papua Barat siap berkolaborasi mendukung program yang di inisiasi oleh Kakanwil,” pungkasnya. ( PFP-03 )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *