Tahapan Pemilihan DPR Otsus Masih Menunggu Pergub 

Pertemuan Kepala Badan Kesbangpol bersama Tim Pemilihan Anggota MRPB dan Panitia Pengawas Pemilihan Anggota MRPB

PinFunPapua.com, Manokwari – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua Barat menyebut tahapan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat (DPR-PB) melalui mekanisme pengangkatan (Otsus) masih menunggu peraturan gubernur (Pergub) sebagai petunjuk pelaksana dari Peraturan Daerah khusus (Perdasus) nomor 8 tahun 2022.

 

Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Barat Ir Rosa Muhammad Thamrin Payapo saat ditemui sejumlah wartawan usai pertemuan, Senin (3/04/2023) mengatakan panitia seleksi DPR Otsus belum dibentuk hingga saat ini, semua itu masih menunggu petunjuk teknis berupa Pergub.

 

” Intinya kami di Kesbangpol siap, dimana kami akan duduk bersama dengan Biro hukum untuk segera menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) agar dapat digunakan sebagai regulasi tahapan pemilihan,” kata Thamrin.

 

Pengisian anggota DPR jalur pengangkatan berbeda dari sebelumnya dimana hanya ada di DPRD Provinsi (DPRP), Tahun ini juga dilakukan seleksi untuk pengangkatan khusus Anggota DPRD Kabupaten (DPRK).

 

“Kesbangpol sebagai OPD yang merupakan perpanjangan tangan Kepala Daerah akan melaksanakan tugas untuk mengawal pemilu, pemilihan MRPB, pemilihan DPRP dan DPRK,” lanjut dia.

 

Dirinya menyebutkan, Proses seleksi anggota DPR melalui pengangkatan dilakukan bersamaan dengan pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) legislatif yang dilaksanakan pada 2024 mendatang.

 

” Saya berharap, Peraturan Gubernur segera di bentuk untuk menjadi acuan Kesbangpol menyiapkan tahapan seleksi, agar output yang di hasilkan bisa bersamaan dengan hasil pemilu legislatif,” jelas dia.

 

Baik DPRP dan DPRK hasilnya harus bersamaan dengan Pemilihan legislatif, agar pada saat pengajuan Surat keputusan ke pusat dan pelantikannya bersamaan

 

Diketahui, dalam Perdasus Nomor 8 tahun 2022 Anggota DPR jalur pengangkatan khusus berjumlah satu per empat dari jumlah anggota DPR di daerah tersebut,” pungkasnya. (PFP-05)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *